Banyak artikel, video, ataupun bahkan podcast yang membahas tentang cara sukses mendapatkan uang jutaan rupiah, atau bahkan milyaran rupiah di umur 23 Tahun, tanpa melihat aspek-aspek pendukung untuk mendapatkan uang segitu banyaknya diumur dimana uang buat bensin kadang harus clash sama uang makan, atau hanya sekedar untuk ngopi di tempat-tempat yang fancy.

Ternyata Menunda Bisa Bikin Kamu Kaya
Ternyata Menunda Bisa Bikin Kamu Kaya

Atau artikel yang memberi insight tentang pembagian uang gajian agar siklus uangnya tidak langsung habis, mengingat anak muda jaman sekarang menurut Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit, hanya 16 persen yang mempunyai dana darurat, hal ini disebabkan mostly karena salah pemahaman tentang financial tips.

Kebanyakan dari mereka ingin kaya dengan instan, usaha yang minim, dan sambil rebahan, karena mereka tau untuk memperoleh banyak uang telah tertanam mindset kalau kalian harus kerja setiap hari, banyak mengeluarkan tenaga siang dan malam, akhirnya mereka memilih jalan pintas untuk menjadi cepat kaya, hanya lewat hp seperti:

  • trading binary option (binomo, olymptrade, dsb)
  • reksa dana (bibit,bareksa, dsb)
  • trading crypto (binance, coinbase, dsb)
  • invest emas (tokopedia emas, mitrade, dsb)

Menurut Ka Jit, para pemuda juga salah memahami pengelolaan penghasilan dengan kekayaan, mereka cenderung mengikuti tren investasi saham dengan hasil berhutang, dan nekat terjun ke dunia crypto dari tabungan sekolah atau bahkan tabungan nikah.
Sebetulnya investasi itu boleh-boleh saja, bahkan itu bagus untuk dana di masa depan, tetapi sebelum memulai investasi kalian harus menyiapkan sumber dana kalian yang mana dana itu adalah bersumber dari kalian sendiri dan kegunaanya sudah dipersiapkan untuk tujuan investasi, kita menyebutnya uang nganggur yang mana uang itu tidak ada kegunaanya untuk dana darurat, tabungan nikah atau lain sebagainya.

Setelah mempunyai sumber dana yang jelas hal yang dipersiapkan adalah pengetahuan tentang investasi, bagaimana cara memperhitungkan pasar, tahu kapan buy tau kapan sell tau kapan stop loss, karena hasil dari investasi tidak selalu profit uang, tapi profit knowledge adalah hal yang sangat berharga juga, yang dapat menambahkan daftar analisis kalian agar mendapatkan keuntungan yang lebih lagi.

Nah itu untuk orang-orang yang mempunyai dana lebih, atau orang yang berpenghasilan tinggi, beberapa media tidak mentioning orang-orang yang tidak punya dana yang lebih, atau untuk orang-orang yang kesulitan untuk merubah habit konsumerismenya mereka menjadi orang yang hemat dan menjadi orang yang rajin menabung.

Tau gak sih kalian, bahwa konsumerisme disebabkan karena manusia tidak memiliki rasa puas akan keinginan dengan kemampuan yang terbatas.

Memang sulit untuk menghilangkan atau mengurangi sifat konsumerisme ini, tapi sulit bukan berarti tidak bisa, ada beberapa riset yang mungkin bisa kalian terapkan yang telah tim lebihbebas rangkum untuk para pembaca.

Cara mengatur keuangan:

1. Alokasi Gaji 40-30-20-10

Jika kalian ingin memulai investasi seperti apa yang kita mention di awal, kalian harus memiliki uang nganggur terlebih dahulu, karena untuk meminimalisir ketika kalian loss saat investasi, kalian tidak terlalu memikirkannya karena memang dari awal tujuan dari uang tersebut adalah untuk investasi.

  • 40% gaji anda untuk kebutuhan sehari-hari seperti transportasi, makan, pulsa listrik dsb.
  • 30% dari gaji untuk pembayaran hutang, cicilan atau yang lainya, jangan menambah hutang.
  • 20% untuk disimpan sebagai investasi atau tabungan, agar lebih banyak uang yang kalian siapkan untuk melakukan investasi.
  • 10% bersedekah juga perlu, agar kalian menjadi pribadi yang bersyukur dan peduli terhadap sesama.

2. Menambah sumber pendapatan

Jika dirasa Alokasi 40-30-20-10 adalah hal yang masih sulit dilakukan, kalian bisa menambah sumber pendapatan agar sumber dana kalian tidak statis dari gaji anda saja.

Lupakan pinjolmu, mari meng freelance, misalkan kalian mempunyai skill lain yang kiranya bisa mendapatkan income baru, kalian bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin melalui platform online seperti freelancer.co.id, sribulancer, atau yang lainya.

Hal ini bisa sangat membantu kalian untuk menambah pendapatan kalian, agar kalian bisa mempunyai tabungan dengan hasil yang signifikan.

Tidak menjadi freelancer tak masalah, kalian bisa menjual suatu produk, baik produk fisik maupun digital, misal kalian bisa riset tentang makanan apa yang sedang tren di anak-anak muda, dengan membuat kemasan se menarik mungkin agar produk kalian langsung mendapatkan tempat di hati pembeli.

3. Menunda 1 Hari

Ini adalah cara yang mungkin tidak banyak orang memikirkan nya, karena mungkin kebanyakan orang tidak terlalu merasakan apa impact yang ditimbulkan dari teknik menunda ini, karena sebetulnya tujuan dari teknik ini adalah menciptakan habit di diri kita, mengikis habis habit konsumerisme, dan perlahan akan tertanam bibit yang selalu aware tentang finansial kita.

caranya adalah, sebelum gajian catat apa planning yang akan kalian lakukan selama satu bulan kedepan, mana yang kiranya urgent, mana yang biasa. Setelah kalian planning apa kegiatan yang mungkin kalian lakukan, kalian kalkulasikan pengeluaran kalian untuk yang urgent, dan yang biasa, kalau sudah misal ada keinginan tiba-tiba seperti checkout baju di online shop, ngopi sama teman di coffee shop, atau membeli drogba, coba tunda lah 1 hari, atau ganti di hari lain.

  • pertanyaanya kenapa harus diundur?
  • kalian bisa mengutamakan mana yang urgent.
  • ketika kalian menunda 1 hari, maka 1 hari akan terlewati tanpa spending money menuju hari gajian.
  • ketika kalian sudah terbiasa untuk menunda hal yang tidak terlalu urgent, secara kalian telah mempunyai awareness tentang pengeluaran.

Sebetulnya, esensi dari menunda 1 hari ini adalah untuk menumbuhkan awareness dari diri kalian yang mungkin sulit untuk menghemat pengeluaran bulanan, sedikit demi sedikit, menulis semua pengeluaran, menabung uang, dan jangan lupa untuk senantiasa bersedekah, maka kalian akan siap berinvestasi dengan cara kalian sendiri, dan impian kalian untuk membeli PT. Freeport akan tercapai.

Comments to: Ternyata Menunda Bisa Bikin Kamu Kaya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: