Di era smartphone seperti sekarang, cara orang untuk mendapatkan hiburan sangatlah banyak. Mulai dari nonton film di media streaming berbayar, nonton Youtube, scroll fyp TikTok, sampai hanya sekedar melihat-lihat timeline sosial media. Bagaimana dengan HP di jaman sebelum era smartphone. Media hiburannya ya hanya sebatas mendengarkan musik, radio, sampai main game Java sederhana.

5 Layanan SMS Premium Zaman Dulu, Yang Menyedot Pulsamu

Kemudian ada satu lagi yang dulu sempat populer sebelum eranya Android yaitu layanan SMS premium dan booming sekali di era 2000an. Apa sih SMS premium itu?

SMS premium adalah layanan berbayar yang memungkinkan penggunanya mendapat konten teks lewat SMS yang dikirim dari nomor singkat (empat sampai lima digit nomor). Setiap kali pengguna mendapatkan SMS premium maka pulsa akan terpotong dan nominalnya cukup besar. Mulai dari ribuan sampai belasan ribu rupiah.

1. Konten Game

Di jaman dulu bermain game di HP hanya sebatas game berbasis Java. Masalahnya saat itu media informasi masih terbatas dan banyak yang tidak tahu bagaimana mengunduh game Java. Maka dari itu bermunculanlah content provider yang menjual game Java dengan menyuruh penggunanya menerima SMS premium terlebih dahulu. Banyak iklannya di tv, biasanya pengguna diminta untuk mengirim SMS dengan format tertentu seperti REG spasi AC untuk mendapatkan game Assassins’s Creed. Setelah itu pulsa pengguna akan dikuras dan barulah link download akan dikirim. Alih-alih gratis justru pulsa akan terpotong banyak.

Setelah waktu berlalu akhienya banyak pengguna yang tahu kalau game tersebut tersedia versi gratisnya di situs-situs wap seperti waptrick dan gratisindo.

2. Konten Wallpaper dan Video Pendek

Layanan SMS premium jaman dulu bukan hanya menjual iming-iming game tapi juga menjanjikan dapat konten lainnya seperti nada dering, wallpaper sampai video singkat. Iklan SMS premium ini dulu dapat ditemukan di majalah-majalah sampai tabloid dan memajangkan konten-konten mereka di sana lengkap dengan kode-kodenya. Wallpaper kalau tidak salah harganya Rp. 5000, padahal wallpaper itu aslinya gratis dan mudah didownload tapi karena pada waktu itu internet belum merata, banyak orang awam tertipu dengan hal itu.

3. Konten SMS dan Informasi

Nah, layanan SMS premium yang selanjutnya dan yang paling terkenal adalah SMS informasi yang sekali masuk HP pengguna, maka pulsa akan terpotong. Banyak sekali jenisnya mulai dari SMS info ramalan zodiak, SMS kencan, cerita horror, primbon, tips jodoh, dan info omong kosong lainnya. Dengan hanya teks singkat yang kurang berguna, pulsa pengguna akan terpotong terus-terusan sampai pengguna melakukan unreg. Dulu layanan seperti ini sempat booming dan banyak iklannya di tv. Mulai dari Deddy Corbuzier sampai Ki Joko Bodo pernah jadi bintang iklannya. Ketik REG spasi Weton!

4. SMS Dari Artis

Kalau sekarang orang-orang pengen ngepoin artis idolanya ya tinggal buka akun sosmed seperti Instagram atau Twitter milik artis tersebut. Dulu sebelum era sosial media, content provider memanfaatkan SMS artis sebagai bisnis. Si artis akan dibayar untuk mengirimkan teks SMS ke server mereka kemudian di broadcast ke para pengguna yang terdaftar. Jadi pengguna serasa mendapatkan SMS pribadi dari artis idolanya. Adapun dulu artis yang terdaftar dalam layanan ini antara lain ada Agnes Monica, Chelsea Olivia, sampai dengan Rhoma Irama.

5. Akhir Era SMS Premium

Memasuki era internet dan sosial media, orang-orang mulai menyadari betapa tak bergunanya SMS premium ketika Google sudah mudah diakses. Tahun 2011 masyarakat mulai berani bicara sola pencurian dan sedot pulsa sampai jadi isu nasional dan dibahas di tv. Akhirnya mulai sejak 2011 bisnis SMS premium bertumbangan. Maka dimulailah era sosial media seiring dengan mulai canggihnya teknologi smartphone.

Sumber : Kaskus

Comments to: 5 Layanan SMS Premium Zaman Dulu, Yang Menyedot Pulsamu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: