Ilustrasi Jack The Ripper

Salah satu sosok yang paling sering dibicarakan tentang tersangka Jack the Ripper baru-baru ini adalah Dr Francis Tumblety yang namanya disarankan oleh Inspektur Littlechild.

Dr Francis Tumblety

Menurut Wikipedia, Kepala Detektif Inspektur Littlechild adalah komandan pertama dari London Metropolitan Police Special Irish Branch, berganti nama menjadi Special Branch pada tahun 1888.

John Littlechild

Kepala Inspektur John Littlechild (1847-1923) adalah kepala Special Irish Branch Metropolitan Police – jabatan yang dipegangnya dari tahun 1883 dan 1893.

Itu berarti sebelum John Littlechild menjabat sebagai sebagai Kepala Inspektur, Jack the Ripper telah menumbuhkan mimpi buruk di penduduk Inggris, perlu diketahui korban pertama Jack the Ripper adalah pada tanggal 31 Agustus 1888 pada jam 2.30 dinihari, di pojokan jalan antara Osborn Street dan Whitechapel Road, ia adalah Mary Ann ‘Polly’ Nichols seorang PSK yang menjadi korban pertamanya.

Meskipun Littlechild tidak banyak berhubungan dengan penyelidikan Jack the Ripper itu sendiri, sebagai perwira polisi berpangkat tinggi di Kepolisian Metropolitan dia pasti akan sering berhubungan dengan orang-orang seperti Dr. Robert Anderson dan Kepala Inspektur Swanson, yang juga bertugas untuk menginvestigasi kasus ini.

Surat Dari Jurnalis

Pada tahun 1913, jurnalis George Sims mencari informasi tentang tersangka Jack the Ripper. Dia menulis surat kepada John Littlechild untuk menanyakan apakah dia memiliki pengetahuan tentang seorang Dr. D. yang dicurigai telah melakukan Pembunuhan Whitechapel.

Montague John Druitt

Sims jelas merujuk pada tersangka ripper Montague John Druitt, yang namanya (atau setidaknya petunjuknya) telah beredar di kalangan polisi selama sekitar lima belas tahun sebelumnya.

Asumsi Littlechild

Littlechild membalas dan mengatakan bahwa dia belum pernah mendengar tentang Dr D. yang pernah disebut sebagai tersangka. Tapi dia kemudian menyarankan seorang tersangka yang, setidaknya di Inggris, belum disebutkan sampai saat itu. Littlechild menulis:

di antara para tersangka, dan menurut saya yang sangat mungkin, adalah Dr T yang adalah seorang dukun Amerika bernama Tumblety.”

INSPECTOR LITTLECHILD

Dia kemudian memberi tahu Sims bahwa Tumblety telah ditangkap karena “pelanggaran yang tidak wajar,” dia telah ditahan dengan jaminan, tapi kemudian ia tidak datang kembali setelah masa uji coba setelah dilepaskan dari penjara atau istilahnya Jump Bail dan melarikan diri ke Boulogne, setelah itu tidak ada yang terdengar lagi darinya. Menurut Littlechild:

Diyakini dia bunuh diri tetapi pasti sejak saat itu pembunuhan ‘Ripper’ berakhir.”

INSPECTOR LITTLECHILD

Kesalahaan Inspektur Littlechild

Bertentangan dengan pernyataan Littlechild bahwa dia menghilang dan mungkin bunuh diri, Tumblety pasti terdengar lagi. Setelah berhasil sampai ke Boulogne, Tumblety berlayar ke New York dan sesaat setelah tiba, pers Amerika segera mengikuti jejaknya sehubungan dengan kemungkinan hubungannya dengan pembunuhan Whitechapel.

Sejak kedatangannya di New York, Departemen Kepolisian New York juga menaruh perhatian padanya dan Tumblety diawasi oleh Inspektur Byrnes dari Kepolisian New York.

Ditanya oleh wartawan ketika dia terus mengawasi penginapan Tumblety tentang apakah Tumblety akan kembali ke London atau tidak, yang kemudian akan ditanyai tentang Jack the Ripper, Byrnes menjawab bahwa, “…tidak ada bukti keterlibatan [Tumblety] dalam Pembunuhan Whitechapel, dan kejahatan yang mengikatnya di London tidak dapat diekstradisi.”

Kesimpulan Littlechild

Kasus keterlibatan Tumblety dalam Pembunuhan Jack the Ripper cukup lemah.

Selain itu, tidak ada bukti nyata bahwa dia pernah mengunjungi Whitechapel, dan dia pasti tidak memiliki kemiripan dengan deskripsi yang diberikan oleh mereka yang mungkin pernah melihat wajah si pembunuh.

Tidak ada bukti bahwa dia pernah melakukan kekerasan – pandangan yang bahkan Littlechild setujui, dalam suratnya kepada Sims, dia menyatakan bahwa Tumblety “tidak dikenal sebagai “Sadist” (yang tidak diragukan lagi adalah pembunuhnya).”

Selanjutnya, tiga tahun setelah menerima surat Littlechild, George Sims menulis otobiografinya sendiri dan tidak menyebutkan bahwa Tumblety adalah Jack the Ripper tetapi tetap pada keyakinan aslinya pada teori Dr. D.-nya.

Polisi Tidak Menjadikanya Sebagai Tersangka

Konklusi tentang status Francis Tumblety adalah bahwa Polisi Metropolitan sendiri tampaknya tidak menganggapnya sebagai tersangka yang layak.

Seandainya mereka mengira dia bertanggung jawab atas pembunuhan Jack the Ripper, kecil kemungkinan mereka akan membebaskannya dengan jaminan.

Bahkan jika mereka tahu, keberadaannya diketahui oleh rekan-rekan mereka di New York yang dapat menangkap dan mengekstradisinya kapan saja.

Alasan Francis Tumblety tidak ditangkap di New York dan diekstradisi ke Inggris untuk menghadapi tuduhan atas kejahatan Jack the Ripper hanya karena dia telah dikesampingkan dari keterlibatan dalam pembunuhan Jack the Ripper.

Contributor
Comments to: Jack The Ripper adalah Dokter?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: